Ketua BAWASLU OKU : Kami Akan Tegas dan Tidak Pandang Bulu

Ketua BAWASLU OKU : Kami Akan Tegas dan Tidak Pandang Bulu

December 6, 2020 06:05 AM

BAWASLU,OKU – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Dewantara Jaya menjelaskan menyikapi perkebangan politik Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati OKU 9 Desember 2020 ini diharapkan semua pihak bisa menjunjung tinggi aturan berlaku.

Misalnya saat dibincangi, Sabtu (5/12/2020) Dewantara menjelaskan, sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilu dalam hal ini Pengawasan Pemilihan BAWASLU OKU, akan bersikap tegas dan profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsi. Jajaran Bawaslu bekerja bukan berdasarkan isu yang berkembang melainkan sesuai fakta dilapangan.

“Isu boleh berkembang. Dugaan pelanggaran ini, pelanggaran itu dan sebagainya boleh saja ada. Bahkan ada juga isu mengenai Money Politik. Namun, hal ini belum terbukti, hal ini baru sebatas isu berkembang,” jelas Dewantara di damping Anggota Bawaslu OKU lainnya.

Ia menjelaskan jika memang ada pelanggaran dalam proses Pilkada di Kab OKU, misalnya dugaan Money Politik silakan laporkan. Pastinya laporan yang disampaikan harus berupa fakta dan disertai bukti-bukti yang benar dan fakta.

“BAWASLU OKU siap menerima laporan dari masyarakat, dan pasti akan ditindak lanjuti. Mengenai hasilnya, nanti akan kita teliti dan pelajari, apakah memenuhi unsur atau tidak,” kata Dewantara, BAWASLU OKU bersama dengan Gakkumdu siap menindaklanjuti laporan yang disampaikan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Sampai sekarang belum ada ditemukan dugaan pelanggaran terkait politik uang di OKU," tegasnya.

Sebagai bentuk keseriusan BAWASLU OK pimpinan Dewantara Jaya selaku Ketua. Dan dua Anggota BAWASLU OKU, Anggi Yumarta dan Yeyen Andril dan Kepala Sekretariat BAWASLU OKU, Junaidi, sejak hari ini, Sabtu (05-12-2020), pukul 09.00 WIB, resmi melakukan patroli anti politik uang (money politic).

Patroli dimaksud ditandai apel akbar pengawasan anti politik uang tahapan masa tenang Pilkada OKU Tahun 2020.

Acara digelar di Meeting Room Bill Hotel dengan peserta Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan se Kabupaten OKU serta staf sekteratriat.

Dengan menekan tombol sirine, Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya bersama Komisioner lainnya Anggi Yumarta dan Yeyen, didamping KPU OKU, aparat Polri, Kejaksaan, dan TNI menginstruksikan petugasnya di lapangan untuk segera berpatroli menyisir praktek ‘serangan Fajar’ money politik.

Dewantara mengimbau petugasnya tidak pandang bulu bila di lapangan menemukan oknum-oknum yang membagikan uang bertujuan mempengaruhi pemilih menentukan suaranya.

“Jika ada temuan di lapangan langsung tindak dan proses. Entah itu dari (oknum tim, red) yang ada gambarnya atau dari yang tidak ada gambarnya,” tegas Dewantara.

Bawaslu OKU pun kata dia siap menerima laporan dari masyarakat jika di lapangan melihat dan menemukan praktek “serangan fajar” untuk mempengaruhi pemilih mencoblos calon tertentu. Baik Calon bergambar atau pun tidak bergambar alias kolom kosong (koko).

Untuk proses lanjutan temuan pihaknya maupun laporan dari masyarakat, dikatakan Dewantara, akan dikaji dalam tim Gakkumdu. Sehingga diketahui apakah memenuhi unsur pidana pemilu atau tidak.

Yang jelas disebutkan Dewantara lagi, yang menerima maupun yang memberi bila tertangkap dan kemudian terbukti maka akan diproses semuanya alias kedua-duanya.
Dalam apel akbar anti politik uang tersebut petugasnya diminta untuk memastikan apakah TPS-TPS sudah didirikan oleh penyelenggara, logistik sudah didistribusikan, serta petugas penyelenggara di TPS sudah benar-benar siap dan ada.(TimBawaslu OKU)





Share sosial media :






Comment 0


Leave a Comment





PENGUMUMAN

SK PENGAKTIFAN PANWASLU KECAMATAN DAN PANWASLU KELURAHAN DESA SE KABUPATEN OGAN KOMERING ULU KLIK DI BAWAH :

DAFTAR PANWASLU KELURAHAN / DESA TERPILIH. PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2020. DOWNLOAD DI BAWAH INI :

________________________________

HASIL SELEKSI ADMINISTRASI DAN TES WAWANCARA CALON ANGGOTA PANWASLU KELURAHAN / DESA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2020. 

DOWNLOAD DI BAWAH INI :

  1. BATURAJA TIMUR
  2. BATURAJA BARAT
  3. KEDATON PENINJAUAN RAYA
  4. LENGKITI
  5. LUBUK BATANG
  6. LUBUK RAJA..
  7. MUARA JAYA
  8. PENGANDONAN
  9. PENINJAUAN
  10. SINAR PENINJAUAN
  11. SEMIDANG AJI
  12. SOSOH BUAY RAYAP
  13. ULU OGAN

 

 

INFORMASI PUBLIK

Perpu Nomor 2 Tahun 2020

 

SK PEMBERHENTIAN SEMENTARA PANWASLU KECAMATAN dan PANWASLU KELURAHAN DESA

1. SK PEMBERHENTIAN SEMENTARA PANWASLU KECAMATAN

2. SK PEMBERHENTIAN SEMANTARA PANWASLU KELURAHAN DESA

Klik disini : SURAT BAWASLU RI NO 0547/K.Bawaslu/TU.00.01/XII/2019

Prihal : Penjelasan Pengumuman Administrasi, Tes Online/Tertulis dan Tes Wawancara Panitia Pengawas Kecamatan Dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2020. 

_____________________________________________________

 

 

HIMBAUAN

 

Kisi Kisi Soal Tes Seleksi Panwaslu Kecamatan Tahun 2019

Video Tutorial Pengerjaan Tes Socrative Calon Anggota Panwascam Pilkada 2020

Kinerja Bawaslu 2019

Perempuan Mengawasi Eps 1

Perempuan Mengawasi Eps 2

BANNER BAWASLU OKU

WhatsApp Image 2020-09-30 at 07.22.17 1

Kontak

Top