PROFIL - Sejarah Pengawasan Pemilu

SEJARAH PENGAWAS PEMILIHAN UMUM

July 9, 2018 12:52 PM

 

Pengawas Pemilu adalah lembaga adhoc yang dibentuk sebelum tahapan pertama pemilu (pendaftaran pemilih) dimulai dan dibubarkan setelah calon yang terpilih dalam pemilu dilantik.Lembaga pengawas pemilu adalah khas Indonesia.

Pengawas Pemilu dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu,menerima pengaduan, serta menangani kasus-kasus pelanggaran administrasi dan pelanggaran pidana pemilu.

Proses pelaksanaan Pemilu 1955 sama sekali tidak mengenal lembaga pengawas pemilu. Lembaga pengawas pemilu baru muncul pada Pemilu 1982,

Pembentukan Panwaslak Pemilu pada Pemilu 1982 dilatari oleh protes-protes atas banyaknya pelanggaran dan manipulasi penghitungan suara yang dilakukan oleh para petugas pemilu pada Pemilu 1971.

Karena pelanggaran dan kecurangan pemilu yang terjadi pada Pemilu 1977 jauh lebih masif. Protes-protes ini lantas direspons pemerintah dan DPR yang didominasi Golkar dan ABRI. Akhirnya muncullah gagasan memperbaiki undang-undang yang bertujuan meningkatkan ‘kualitas’ Pemilu 1982.

Demi memenuhi tuntutan PPP dan PDI, pemerintah setuju untuk menempatkan wakil peserta pemilu ke dalam kepanitiaan pemilu. Selain itu, pemerintah juga mengintroduksi adanya badan baru yang akan terlibat dalam urusan pemilu untuk mendampingi Lembaga Pemilihan Umum (LPU). Badan baru ini bernama Panitia Pengawas Pelaksanaan Pemilihan Umum (Panwaslak Pemilu) yang bertugas mengawasi pelaksanaan pemilu.

Dengan struktur, fungsi, dan mekanisme kerja yang baru, pengawas pemilu tetap diaktifkan untuk Pemilu 1999. Namanya pun diubah dari Panitia Pengawas Pelaksana Pemilihan Umum (Panwaslak Pemilu) menjadi Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu).

Perubahan terhadap pengawas pemilu baru dilakukan lewat UU No. 12/2003.

UU No. 12/2003 menegaskan, untuk melakukan pengawasan Pemilu, dibentuk Panitia Pengawas Pemilu, Panitia Pengawas Pemilu Provinsi, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota, dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan.





PENGUMUMAN

DAFTAR PANWASLU KELURAHAN / DESA TERPILIH. PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2020. DOWNLOAD DI BAWAH INI :

________________________________

HASIL SELEKSI ADMINISTRASI DAN TES WAWANCARA CALON ANGGOTA PANWASLU KELURAHAN / DESA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2020. 

DOWNLOAD DI BAWAH INI :

  1. BATURAJA TIMUR
  2. BATURAJA BARAT
  3. KEDATON PENINJAUAN RAYA
  4. LENGKITI
  5. LUBUK BATANG
  6. LUBUK RAJA..
  7. MUARA JAYA
  8. PENGANDONAN
  9. PENINJAUAN
  10. SINAR PENINJAUAN
  11. SEMIDANG AJI
  12. SOSOH BUAY RAYAP
  13. ULU OGAN

 

 

INFORMASI PUBLIK

Perpu Nomor 2 Tahun 2020

 

SK PEMBERHENTIAN SEMENTARA PANWASLU KECAMATAN dan PANWASLU KELURAHAN DESA

1. SK PEMBERHENTIAN SEMENTARA PANWASLU KECAMATAN

2. SK PEMBERHENTIAN SEMANTARA PANWASLU KELURAHAN DESA

Klik disini : SURAT BAWASLU RI NO 0547/K.Bawaslu/TU.00.01/XII/2019

Prihal : Penjelasan Pengumuman Administrasi, Tes Online/Tertulis dan Tes Wawancara Panitia Pengawas Kecamatan Dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2020. 

_____________________________________________________

 

 

HIMBAUAN

 

Kisi Kisi Soal Tes Seleksi Panwaslu Kecamatan Tahun 2019

Video Tutorial Pengerjaan Tes Socrative Calon Anggota Panwascam Pilkada 2020

Kinerja Bawaslu 2019

Perempuan Mengawasi Eps 1

Perempuan Mengawasi Eps 2

Kontak

Top