Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu OKU mengingatkan Panwaslu Kecamatan Untuk Berbagi tugas dalam mengatasi pengawasan serentak tahun2024

photo bersama Rapat Kerja Tehnis Penanganan Pelanggaran 2024

(BAWASLU OKU)- Bawaslu Oku gelar kegiatan Rapat Kerja Teknis  Penanganan Pelanggaran pada pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2024. Yang digelar di bukit indah lestari (bil Hotel Baturaja) 10/07/24

Acarar dihadiri ketua bawaslu oku Yudi Risandi, Pimpinan bawaslu oku Ahmad Kabul, Feru,  dengan peserta acara 3 komisioner pengawas kecamatan, staf Panwaslu kecamatan divisi penanganan, pelanggaran dan sengketa di 13 kecamatan dan 1 Staf Kooordinator Divsisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelsaian sengketa di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.


Kepala Sekretariat Bawaslu OKU Jailani Hasan. S.STP.M.SI yang diwakili oleh Eryc karvanda mengatakan, Kegiatan malam ini bertempat di Hotel Bukit Indah Lestari Baturaja maksud dan tujuan satu sebagai wadah persiapan dalam menghadapi laporan dan temuan dalam pemilihan serentak tahun 2024, kedua sebagai peningkatan kapasitas laporan dan temuan dalam pemilihan serentak terhadap prosedur teknis penanganan pelanggaran. ketiga  sebagai wadah untuk menjalin koordinasi dan kolaborasi antar penyelenggara pemilihan serentak tahun 2024. dengan jumlah  peserta kegiatan ini adalah 65 orang Panwaslu Kecamatan Dua orang satuan Intel Polres Oku 2 Intelkam Kodim 1 anggota bin Oku 10 staf Bawaslu Kabupaten OKU kata erik

lanjutnya,  narasumber kegiatan berasal dari ketua dan pimpinan bawaslu oku. demikian laporan pelaksanaan rapat kerja teknis penanganan pelanggaran dalam pemilihan serentak tahun 2024 Kepada yang terhormat Bapak Yudi Risandi selaku ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu dimohonkan nantinya pada saatnya untuk memberikan arahan dan bimbingan sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi jelas Eryc. 

Ketua Bawaslu OKU saat memberi kata sambutan mengatakan,   mengawali kata sambutan pada malam hari ini Tentunya Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan antusiasnya bapak ibu yang sudah memenuhi undangan Bawaslu dalam rangka rapat  kerja teknis mungkin ini lebih merupakan  pelatihan, bimbingan teknis.  Saya bersyukur ada kegiatan ini,  karena kalau misalnya Kegiatan ini tidak dilaksanakan bisa jadi salah kamarnya akan menjadi-jadi ya kenapa saya katakan salah kamar yang menjadi-jadi udah ada gerakan TPS bahwa mereka akan merekrut KPPS in KPPS bulan 11 kali tapi kok sudah ada sekarang sudah ada belum kabarnya kata Yudi 

lanjutnya,  sambung yudi saya minta saya minta laporan ini yang pertama dan yang kedua rapatkan barisan baik dari panwascam dan pkd  pengawasan saudara-saudara produk pengawasan itu form A,  temuan laporan dan lain sebagainya ada klarifikasi setelah temuan dan lain sebagainya Itu produk dan sekarang kalau kita ini membuat kue ya kita harus tahu bahan-bahannya yang pertama bagaimana kita mengawasi yang kedua bagaimana kita melemparkan ya dari hasil pengawasan ke pintu sebelahnya ketika itu ada temuan yang harus ditindaklanjuti ini harus dipahami semua jangan dipahami hanya sekedar kamarnya.ujar yudi 

 saya berharap dipahami aturannya kalau semuanya tidak bisa tidak bisa dibaca ya sudah dibaca saja bidangnya masing-masing ya bidangnya masing-masing saya belum melihat itu ya Ada pengawasan secara melekat bagi PKD maupun evaluas terhadap isu-isu yang berkembang di wilayahnya masih masih itu baru isu tapi itu isu produk ya memang itu belum bisa dijadikan temuan tapi itulahnya untuk di bawah penetapan calon itu baru ada September benar tapi kalau kita berbicara pelanggaran yang TMS terstruktur sistematis dan masif itu  tersusun rapi berdasarkan dari tahapan.

 kita tidak berharap  sejarah mengatakan bahwa setiap akhir Pilkada di kabupaten oku  selalu berakhir di MK apakah bapak ibu  siap, ini pertanyaan yang harus kita jawab bersama artinya apa tidak ada tugas mudah bagi penyelenggara pemilu.

makanya tadi sesuai semboyan Selamat malam harus jauh Selamat pagi karena kita enggak bisa tidur bukannya tidak boleh tidur bukan sekarang kita hitung satu PKD 1 desa yang diawasi berapa orang yang dalam desa mode Awasi dia luar biasa mau dia diawasi kalau dalam satu Desa pkdnya 3 enak bisa bagi RT bisa bagi Dusun bisa bagi wilayah tapi kalau pkd-nya 1 artinya kita harus mumpuni.

 sekarang tugas siapa yang Garda terdepan untuk memberikan kemampuan pkd agar mumpuni jawabnya bukan hanya ada di Kami bertiga Tapi jawabannya ada di anda hasil kerjanya, gampang  mudah terlihat di kecamatan a naik ndak ke atas Kalau kami memantau tidak naik ke atas berarti pada wajahnya tidak bekerja, atau lambat memberikan informasi  sekarang untuk konsentrasi dengan Panther link semua terkonsentrasi dengan partai ini kan ya oleh kalian bahwa kalian itu langsung bagi tugas masa semuanya harus ke data pemilih semua ya harus seperti  tugas ada yang mengawasi ada yang mengawasi maka dari itu kan kita harus connect.

di sini, di rapat kerja teknis ini saya berharap ini sengaja dibuat rakor  kenapa bukan raker agar apa di dalam rapat kerja ini itu dikupas sedalam-dalamnya yang pertama yang kedua permasalahan bisa dikupas dalam-dalamnya, Saya tidak berharap Anda datang ke sini duduk dia memperhatikan dan pulang. ini urusan penindakan kalau kita salah apa Men apa harus dipelajari sampai dengan matang dan saya berharap pasti ada di sini grup itu ramai kalau walaupun grupnya. Bagaimana membuat from A Bagaimana membuat from B Bagaimana menerima A Bagaimana mengelola B,

Saya berharap untuk menjadi kajian yang penting dan saya akan memberikan catatan penting bagi ketua panwas yang agar bukan dapat membagi tugas bukan hanya sekedar ikut saja,   tugas harus dibagi dengan benar kalau tahapannya a tidak mungkin semuanya itu ke a semua dibagi.

 saya belum melihat pembagian tugas itu ya maka dari itu ini menjadi salah satu evaluasi kita, saya ngomong ini kadang kita Raker kalau kita misalnya Bimtek saya enggak ngomong begini ini saya harus berbicara keras sekarang kita rapat ini ya Dan akan banyak hal-hal yang bersifat keras nanti ke depan kerasnya bukannya kerasnya gampang kampungan yang jelasnya kerasnya bagaimana kita berkoordinasi agar semua kita bisa berjalan (Tem Bawaslu OKU)